skinkeren.com

BUAH HASIL BLOGSPEDIA COACHING : FROM ZERO WILL BE HERO

 kegiatan blog coaching gratis


Neng Ai, kali ini tulisan mau bahas apa?” tanya mooie vechter padaku. Dan ku hanya bisa berkata “Hmm…apa ya?” (sambil mengerutkan kening dengan ekspresi berpikir). Akhirnya kuputuskan membuat coretan indah selama perjalanan Blogspedia Coaching yang sudah ku ikuti beberapa bulan ini.

Hello mooie vechter yang masih setia membaca coretan ala-ala neng Ai. Kali ini ku bebaskan dari dunia kecantikan dulu deh kalian. Mari membahas pengalaman selama neng Ai mengikuti kelas ngeblog gratis dengan para coach keren dan kece. Banyak sekali cerita suka duka selama perjalanan pelatihan yang telah kurasakan. Semua terbantu oleh tekad dan niat serta semangat dari para coach kesayangan dan teman-teman seperjuangan.

SENSASI PERTAMA BLOGSPEDIA COACHING

Awalnya beneran nggak menyangka bakal sampai titik dimana neng Ai bisa jadi peserta Blogspedia Coaching. “Iih ini beneran aku ikut pelatihan blog?” (ucapan dalam hati dengan penuh kecemasan).

Kalian pasti mau nanya, “apa yang dicemaskan neng Ai?

Kecemasanku adalah ketika tidak bisa menjalaninya dengan optimal dan lolos hingga tahap akhir.

Kesibukanku dengan rutinitas kerja tak terduga setiap hari dari pagi hingga sore, selain itu juga tugas perkuliahan yang tidak hanya satu-dua mata kuliah. “Hah, yakin ta masih mau nambah Blogspedia?” sempat terbesit di benakku. Ku ucapkan “Bismillah, semoga apa yang kuputuskan selalu mendapat kelancaran dan bermanfaat.” Dan akhirnya ku lanjutkan tetap mendaftar blog coaching dari Blogspedia.

Kenalan Sama Blogspedia Dulu

Neng Ai gimana sih, dari tadi nyebutin Blogspedia terus tapi belum ngenalin”. Maaf ya mooie vechter, saking serunya ngoceh sampai berasa kalian semua sudah mengenal Blogspedia ini. Meskipun sudah ada yang kenal, tapi tidak rugi kalau neng Ai kenalkan lagi lebih banyak.

Jadi Blogspedia ini adalah platform blog yang menyediakan Jasa Penulisan dan juga Blog Coaching. Jasa Content Writing Semarang, karena pendiri pertama akun ini ialah coach Marita Ningtyas dan sekarang sudah memiliki tim solid supaya selalu berkembang. Jasa Blogspedia yang saat ini tersedia diantaranya jasa penulisan Blogs, pasang template, Backlink & Review, Content Writing, Blogspedia Coaching dan ada Community juga.

Buat kalian yang butuh jasa penulisan, bisa banget Jasa Blogspedia ini dimasukkan dalam wishlist kalian juga ya.
kelas ngeblog gratis bersama Blogspedia

Awal Materi Coaching

Bulan Juli 2023 awal mula statusku sebagai peserta blog coaching, semua peserta dimasukkan dalam sebuah grup WhatsApp “Blogspedia Coaching 4”. Kalau tidak salah ingat, pesertanya berjumlah 40.an orang lebih.

Namanya juga coaching, pastinya ada coach yang bakal membimbing kami dong. Jadi selama perjalanan pelatihan blog, kami akan dibimbing oleh coach Marita Ningtyas dan juga coach di masing-masing small group WAG (WhatsApp Group). Beruntungnya neng Ai dapat coach Yuni sebagai ibu wali kelas kami di small group. Beliau asyik, suka menolong, dan sering mengingatkan kami-kami yang kadang kelupaan.

Belajar Membiasakan Diri

Pada kelas ngeblog gratis kali ini, pembelajaran dibiasakan lewat GC (Google Classroom), jadi semua materi dan tugas dimuat pada GC. Saat itu neng Ai sangat awam sama GC ini, karena belum pernah pakai untuk keperluan kerja maupun kuliah. Belajar ngeblog dengan sesuatu yang baru, membuatku semakin penasaran untuk mengetahui cara menjadi blogger pemula.

Materi akan dibagikan setiap hari Senin dan Kamis pagi, lalu untuk malamnya akan dilakukan penyampaian materi dan diskusi melalui WAG. Setelah selesai materi, biasanya akan dishare tugas di GC dengan deadline pengumpulan setiap Rabu dan Sabtu. Rutinitas ini akan terus kami jalani hingga berakhirnya kelas Blogspedia Coaching ini.

SELAMA PERJALANAN COACHING

Tentunya tidak semudah itu dong menjalani rutinitas yang tidak biasa, apalagi masih awam dunia blogging gini. Namun disinilah neng Ai bisa belajar sepenuh jiwa bagaimana cara menjadi blogger pemula mulai dari nol dan berharap bisa mencapai 100.

Jadi Rajin Efek Deadline

Salah satu keraguanku ikut belajar blog ini ya ketakutan tidak bisa menyelesaikan tugas yang penuh deadline. Apalagi kalau nggak ngumpulin tugas, siap-siaplah kena “kick(Tendangan Marita) yang menghantui setiap hari.hahaha

Neng Ai dasarnya nggak suka nulis  apalagi suruh membaca, ini bisa-bisanya jadi peserta Blogspedia Coaching. Kagum plus was-was sama diri sendiri.haha Bagi neng Ai, bacaan panjang itu bagaikan obat bius terkuat, makanya nilai Bahasa Indo neng nggak ada bagus-bagusnya di sekolah.

“Deadline yang awalnya terasa memaksa, kini membuatku terbiasa.”

Keseharian kerja neng Ai memang sudah penuh deadline, tapi berkutat seputar angka-angka dan kepastian. Selama belajar ngeblog, bertambahlah deadline seputar bacaan dan kata-kata. Awal yang berat dengan dua deadline berbeda, namun semua itu membuatku jadi rutin membaca dan blogwalking untuk mencari inspirasi.

kegiatan blogspedia coaching dengan deadline

Asam Manis Blogging dengan Deadline

Pasti ada kesulitan yang neng Ai alami selama perjalanan belajar ngeblog. Rasa keminderan yang kadang muncul, karena semua peserta pada suka membaca dan sudah pernah blogging,

“Apalah aku yang hanya cangkang kosong belum ada isi. Solusinya ya terus berjuang untuk mengisi cangkang ini.”

Selama perjalanan kelas ngeblog gratis ini, terasa nano-nano karena dipenuhi dag-dig-dug tiap Rabu dan Sabtu. Kenapa?? Itu hari deadline tugas harus “turn in”.hehehe Tidak jarang neng Ai ngumpulin pasti hari H deadline. Masih berusaha mengatur waktu supaya balance kerja, kuliah & Blogspedia Coaching.

Kesulitan yang sering neng Ai alami adalah menemukan ide. Jujurly, mencari inspirasi tulisan tidaklah semudah itu. Neng Ai seringnya nemu ide tulisan pas hari H deadline. “Ini tidak baik mooie vechter, jangan ditiru!

Panen Banyak Hal

Seiring perjalanan belajar ngeblog, banyak sekali kebermanfaatan yang neng Ai rasakan. Bersyukur bisa dapat kesempatan join kelas ngeblog gratis ini, panen banyak hal seperti:

  • Kenal banyak teman baru meskipun baru lewat dunia maya. Semoga kita bisa dipertemukan suatu saat.
  • Banyak coach yang selalu membimbing, mengingatkan dan membantu segala kesulitan kita.
  • Dapat banyak wawasan dari segala bidang baik pendidikan, seni, travelling, parenting, kuliner, dan masih banyak lagi.
  • Mengubah kebiasaan cara kerja yang belum teratur, sekarang lebih terstruktur dan terencana.
  • Menambah kebahagiaan hidup, karena blog termasuk hiburanku ketika lelah bekerja dan menugas kuliah.
  • Dapat ilmu blogging mahal tanpa harus mengeluarkan sepeser pun, karena ikut kelas ngeblog gratis.

SENSASI MENUJU FINISH

Waktu terus berjalan, dan beneran nggak kerasa sudah Oktober. Itu artinya sebentar lagi kelas ngeblog berakhir. Hiks.hiks.hiks…sedihnya benar-benar terasa. Masih banyak yang belum Neng Ai diterapkan dalam blogging, sudah mau berakhir aja.

Awalnya mengira kalau berakhirnya blog coaching di tugas 9C membuat weekly content plan list. Sempat terbesit pikiran “Akhirnya berakhir juga deadlinenya, Minggu depan mau refreshing dulu lah sambil cari inspirasi.

kegiatan kelas blogger one day one post

Ekspresi menghadapi ODOP

Ternyata oh ternyata, tak kusangka-sangka deadline terbaru membuat melotot mata. “What?? ODOP?? Oh My God!” Yang ku ucapkan hingga teman sekamarku kaget.

ODOP adalah One Day One Post, dimana tugasnya kami harus posting blog selama 6 hari sesuai weekly content plan yang sudah dikumpulkan. Kondisinya neng Ai juga lagi banyak tugas kuliah dan kerjaan kantor. Nah loh, pusing nggak tuh! Apalagi kondisi badan tidak fit saat itu, hanya berharap semoga tidak sakit.

Bingung dong pastinya, belum ada bahan tulisan sama sekali. Apalagi weekly content plan yang ku buat tidak kupikirkan matang-matang. Sudah terlanjur ngumpulkan, ya sudah mari dikerjakan artikelnya!

Konsistensi Waktu Pengerjaan

Selama kelas ngeblog, neng Ai mengerjakan deadline tugas seringnya sepulang bekerja. Biasanya mengalokasikan waktu 2-3 jam per hari untuk mengekspesikan inspirasi yang muncul di pikiran. Berbeda cerita saat mengerjakan ODOP ini dong. Pasti butuh waktu ekstra lama dengan deadline per hari wajib posting.

Akhirnya neng Ai ubah schedule menulisnya, yang awalnya sore/malam kini menjadi setelah subuh dan di sela-sela istirahat bekerja. Kalau tidak begitu, tak akan selesai sesuai deadline. Jadi di malam hari, neng Ai mencari referensi bahan tulisan untuk besok posting sambil ngerjakan tugas kuliah.

kelas ngeblog gratis bersama Blogspedia

NIKMAT MANA LAGI YANG KU DUSTAKAN

Banyak sekali keseruan yang neng Ai dapatkan selama perjalanan kelas blogging ini. Lebih banyak bersyukur bisa gabung di kegiatan ini dan besar harapannya setelah belajar cara menjadi blogger pemula, ilmunya bisa bermanfaat dan konsisten jadi content writer/blogger.

Kalau berbicara pencapaian selanjutnya, ingin terus mengupgrade ilmu blogging supaya jadi hero blogger dan bisa dapat job seperti jasa Blogspedia yang menghasilkan cuan serta menerapkan ilmu blogging yang diperoleh.

Ingatlah! Kesempatan bagus tidak akan datang dua kali, kelas ngeblog gratis juga tidak muncul tiap kali. Jangan lupa follow instagram Blogspedia untuk dapat informasi terupdate seputar coaching serta event menarik lainnya.

Tidak ada ruginya belajar hal baru, apalagi join Blogspedia Coaching yang Insya Allah tiap tahun diadakan. Manfaatkan waktu dan tenagamu dengan ikut kegiatan yang membuat kalian lebih berkembang dan bermanfaat. Sudahkah pada siap-siap untuk Blogspedia Coaching selanjutnya??

14 comments

Thank you atas kunjungannya. Silakan jika ingin menulis komentar dan ide-ide tulisan berikutnya.
Pastikan rutin berkunjung ya, serutin merawat kulit kita...
  1. Bersyukur kita sudah berads di tahap ini, semoga selanjutnya kita selalu konsisten ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bu. Tetap konsisten ngeblog ya bu.. Ditunggu postingan review travelling dan kulinerannya yang lain..hihihi

      Delete
  2. masyaa allah neg ai, perjuangannya sesuatu bekerja, kuliah dan ikutan blogspedia coaching. tapi selama kejar2an dengan deadline, gak lupa skincare an kan neng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ritual wajib tidak boleh dilupakan dong mbak Ulfa..haha Meskipun banyak deadline, jangan lupa kasih kulit makan.hehe

      Delete
  3. Akupun merasa bersyukur bisa masuk grup coaching ini.. banyak ilmu yang didapat,juga teman teman yang masya allah. yuk berproses jadi hero

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak Titi, kita berproses bareng2 hingga hero blogger. Tetap semangat dan selalu upgrade ilmunya yuks.

      Delete
  4. Semangat mbaa. Semoga bisa lulus semuaa yaa kita ktiaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... Iya mbak, yuk lulus bareng-bareng dan kosisten blogging terus.

      Delete
  5. Sama banget biasanya riset dl. Trus bangun tdr nulis. Edit dan layouting baru post siangnya. Masyaallah semamgat neng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, deadline mepet jadi harus fleksibel. Ubah strategi supaya cepat kelar.hehe

      Delete
  6. Ngena banget ya mb "tiada hari tanpa blogging". Momen-momen ini bakal dirindukan nantinya. Padahal kemarin-kemarin kurang tidur, puyeng, bingung juga, apalagi pas urusan html hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe....iya mbak, akan rindu momen-momen itu. Grup yg rame pas materi aja, ketika html pagi-malam rame terus.wkwk

      Delete
  7. Selamaatt.. Akhirnya hari ini tiba jugaa ya Neng Ai. Congratulations

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah coach kesayangan. Akhirnya, perjuangan bisa sampai di titik ini juga. Thank you coach Yuni, yang setia mendampingi kami2 ini.

      Delete
Gandjel Rel