skinkeren.com

JANGAN SEMBARANGAN! BERIKUT CARA DOUBLE CLEANSING YANG BENAR UNTUK WAJAH

tahapan double cleansing untuk wajah yang benar

Siapa yang masih suka bingung cara double cleansing yang benar? Atau mungkin masih banyak yang tidak melakukan double cleansing untuk wajahnya? Wah..wah..wah…nggak bahaya tah??
Mooie vechter pernah nggak sih ngerasa wajahnya tetap kurang bersih, kadang berjerawat dan berkomedo? Padahal udah cuci muka 2-3 kali sehari. Jawaban kebingungan tersebut akan kamu temukan di sini. Dalam artikel ini, neng Ai akan membahas dengan detail mengenai double cleansing dan cara melakukannya dengan benar untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih.

Mengapa Double Cleansing Yang Benar Itu Penting?

Wajah adalah bagian terpenting dari penampilan kita. Merawatnya dengan baik bukan hanya sekadar untuk kecantikan, tetapi juga untuk kesehatan kulit. Biasanya wajahnya yang sering jerawatan atau kusam, salah satu penyebabnya karena jarang atau bahkan tidak pernah melakukan double cleansing. Salah satu langkah penting dalam perawatan kulit dengan membersihkan wajah dengan benar yang kini semakin populer. Namun, banyak orang masih belum paham cara tepat melakukannya.

Bagaimana Langkah Double Cleansing?

Sebelum kita memahami cara double cleansing yang benar, penting sekali mengetahui mengapa metode ini menjadi pilihan banyak orang. Double cleansing melibatkan penggunaan dua langkah pembersihan yang berbeda untuk mencapai hasil yang lebih efektif. Langkah pertama menggunakan cleanser berbasis minyak, sementara langkah kedua menggunakan cleanser berbasis air.
jenis double cleansing untuk wajah

Langkah pertama bertujuan untuk menghapus lapisan minyak, sebum, dan makeup yang dapat menumpuk di wajah. Cleanser berbasis minyak efektif menghilangkan kotoran yang larut dalam minyak, seperti sisa-sisa makeup waterproof dan polusi udara. Setelah itu, langkah kedua dengan cleanser berbasis air membantu membersihkan residu minyak dan kotoran lainnya yang masih tersisa, memberikan kelembutan ekstra pada kulit.

Cleanser Berbasis Minyak

Cleanser berbasis minyak termasuk langkah pertama dalam double cleansing. Biasanya yang sering dipakai jenis cleansing balm atau cleansing oilPilih cleanser berbasis minyak yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, cleanser berbasis minyak dengan formula ringan dan tidak menyebabkan sumbatan pori adalah pilihan terbaik. Sedangkan untuk kulit kering, pilih cleanser berbasis minyak yang mengandung bahan-bahan pelembap. Berikut tahapan pembersihannya:
  1. Pilih cleanser berbasis minyak yang mengandung bahan-bahan seperti minyak jojoba, minyak argan, atau minyak zaitun. Hindari cleanser dengan kandungan minyak mineral yang dapat menyumbat pori.
  2. Basahi wajah Anda terlebih dahulu, lalu aplikasikan cleanser berbasis minyak pada kulit kering. Pijat lembut dengan gerakan melingkar untuk membantu melarutkan minyak dan makeup. Kalalu neng Ai biasanya langsung aplikasikan clensing balm tanpa membahasi kulit.
  3. Bilas wajah dengan air hangat untuk menghilangkan cleanser berbasis minyak. Pastikan tidak ada residu minyak yang tertinggal di kulit. Mungkin mooie vechter malas nyari air hangat, bilas pakai air dingin/biasa nggak masalah. Bilas yang bersih ya.

Cleanser Berbasis Air

Setelah langkah pertama selesai, saatnya beralih ke cleanser berbasis air untuk membersihkan wajah lebih lanjut. Siapa yang belum mengenal facial wash? Yuk, tunjuk atap!
Mayoritas, pasti sudah rutin melakukan tahap ini, namun masih kurang maksimal jika tidak diimbangi cleansing berbahan minyak. Cleanser berbasis air membantu mengangkat sisa-sisa minyak dan kotoran yang mungkin masih ada di kulit. Berikut langkah pembersihan wajah yang tepat:
  1. Pilih cleanser berbasis air yang cocok dengan jenis kulit mooie vechter. Jika memiliki kulit sensitif, pilih produk yang bebas pewangi dan hypoallergenic.
  2. Aplikasikan cleanser berbasis air pada wajah yang telah dibersihkan dengan langkah pertama. Pijat lembut dengan gerakan melingkar, fokus pada area yang rentan terhadap kotoran seperti hidung dan dahi.
  3. Bilas wajah dengan air hangat atau dingin untuk menutup pori-pori dan memberikan kesegaran pada kulit. Pastikan tidak ada residu cleanser yang tertinggal.

Tips Tambahan untuk Double Cleansing yang Efektif

Frekuensi Pemakaian

Eits, sampe rumah jangan langsung rebahan/tidur ya mooie vechter! Lakukan double cleansing pada malam hari sebelum tidur untuk menghilangkan semua kotoran yang menumpuk selama seharian. Pada pagi hari, cukup gunakan cleanser berbasis air untuk membersihkan wajah.

Konsistensi

Kunci dari double cleansing yang efektif adalah konsistensi. Lakukan langkah ini rutin setiap hari untuk hasil yang optimal. Mau kulitnya sehat dan bersih tapi malas-malasan double cleansing. Ya mana bisa!! hehehe

Pentingnya Toner dan Pelembap

Setelah double cleansing, jangan lupa menggunakan toner untuk mengembalikan pH kulit dan pelembap untuk menjaga kelembaban kulit.  Ketika cleansing Pkodisi pH kulit mooie vechter pasti berubah (pH berubah tidak normal). So, untuk menormalkan kembali, perlu peranan toner dan pelembab. Sebisa mungkin jangan skip step ini ya mooie.

Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Sudah tahu kondisi kulit masing-masing kan? So, sesuaikan jenis cleanser dan produk yang digunakan dengan kondisi kulit mooie vechter. Jika ada perubahan dalam kondisi kulit, pertimbangkan untuk mengganti produk dengan yang lebih sesuai.

Jangan Gunakan Air Panas Berlebihan

Terkadang banyak yang lebih suka mencuci wajah dengan air hangat bahkan panas dengan harapan pori-porinya terbuka lebar dan kotoran di wajah terangkat semua. Meskipun air hangat membantu membuka pori-pori, menggunakan air terlalu panas dapat membuat kulit kering. Gunakan air hangat yang nyaman bagi kulit, lebih bagus lagi pakai air biasa saja.

Jangan Menggosok Wajah Terlalu Keras

Iya neng Ai tahu kulit kalian kebal, tapi nggak digosok-gosok sekuat itu juga kali. Harapannya semakin keras menggosok, semakin maksimal kotoran di wajah terangkat. Wah, ilmu darimana tuh? Yang ada, wajah kalian jadi merah/iritasi/lecet, dll. Pembersihan yang kasar dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi. Gunakan gerakan lembut dan pijatan ringan dan singkat saat membersihkan wajah.

Membersihkan wajah/memncuci wajah dengan sabun (facial wash) saja tidak cukup. So mooie vechter, jangan lewatkan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan wajah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar dan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit, mooie vechter dapat menikmati manfaat kulit yang bersih, sehat, dan bersinar. Jadi, jangan sembarangan! Mulailah praktik double cleansing yang benar dan rasakan perubahan positif pada kulit .
‹ OlderNewest ✓

7 comments

Thank you atas kunjungannya. Silakan jika ingin menulis komentar dan ide-ide tulisan berikutnya.
Pastikan rutin berkunjung ya, serutin merawat kulit kita...
  1. Terima kasih tips pemakaian double cleansingnya, sangat bermanfaat buat saya yang pengennya buru-buru dan cepat selesai padahal perlu pijatan yan lembut dan relax ya

    ReplyDelete
  2. Wah srlama ini mgg tahu kalau ada dobel cleansing. Ternyata harus disabun dulu baru dibersihkan dengan cleansing ya. Selama ini cuma salah satu aja pemakaiannya. Terima kasih sharingnya kak.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah diingatkan, Mbak. Saya seringnya malas dengan berbagai langkah ini 🙈 yang rutin hanya membersihkan wajah pakai facial foam aja. Pakai toner kalau inget, tapi seringnya klupaan, hehehe...

    ReplyDelete
  4. jadi merasa tersentuh karena aku tipe yang kadang tidak sesuai step yang biasanya melakukan perawatan wajah mandiri. Hhhi, berasa diingatkan mbak . thank you

    ReplyDelete
  5. Makasih neng aida..Umma jadi tahu step by step nya..

    ReplyDelete
  6. Ternyata rahasia kulit sehat ada di step skincare yang sering kita abaikan. Terima kasih, Neng Ai, saya jadi tahu manfaat double cleansing. Kuncinya rutin dan konsisten, ya.

    ReplyDelete
  7. Tengkyu infonya...sebagai orang yang awam banget masalah seperti ini, baca postingan bisa mengingatkan saya untuk mempraktekan dengan benar

    ReplyDelete
Gandjel Rel