skinkeren.com

TAHAPAN PERAWATAN RUTIN UNTUK WAJAH BERJERAWAT SECARA AMAN

penanganan wajah berjerawat

Hello mooie vechter dimanapun kalian berada, semoga tetap setia membaca coretan neng Ai di halaman ini ya. Kali ini kalian pada pingin neng Ai membahas apa? Bingung ya? Yaudah, yuk kita bahas soal perawatan rutin untuk wajah berjerawat!

Jerawat, memang problem kulit yang meresahkan dan mengganggu. Dipencet salah, nggak dipencet menyakitkan. Solusinya diobati ya…Jangan asal pencet kalau ingin sembuh!

Seperti yang diketahui, perawatan kulit berjerawat sangatlah berbeda dengan ynag normal. Kondisinya yang serba sensitif harus mendapatkan perawatan khusus. Kalau kulitnya normal, mau pakai produk apa aja kemungkinan mengalami sensitif sangat kecil. Berbeda halnya dengan kulit berjerawat, mereka tidak bisa memakai sembarangan produk dan melakukan sembarangan perawatan.

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh para acne fighter mulai dari produk skincare, lifestyle, makanan, dan sebagainya. Penderitaan acne fighter tuh tidak hanya produk kecantikan tapi juga makanan dan lifestyle, karena tidak bisa sembarangan makan kalau tidak mau semakin parah si jerawat.

BAGAIMANA PERAWATAN RUTIN UNTUK WAJAH BERJERAWAT YANG BENAR?

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori kulit (tepatnya folikel rambut) tersumbat oleh kotoran, debu, minyak, atau sel kulit mati. Akibatnya, terjadi peradangan pada pori-pori tersebut dan bisa juga disertai infeksi. Jerawat sering muncul di wajah, leher, punggung, atau dada.

Namanya juga jerawat, pasti butuh perlakuan khusus kalau tidak mau tambah parah. Semakin sembarangan merawatnya, semakin menjadi pula itu jerawatnya. Kali ini yang kita bahas jerawat khusus wajah ya mooie vechter. Kalau seluruh tubuh, bisa berjilid-jilid nanti.hehe

mengetahui jenis jerawat di wajah

1.       Kenali Jerawatmu

Tidak cuma luka bakar yang ada derajatnya, jerawat pun memiliki derajat keparahan masing-masing. Berdasarkan informasi dari dokter dan artikel-artikel yang neng Ai baca, jerawat memiliki tingkat derajat ringan, sedang dan parah.

Kalau jenisnya ringan, masih bisa pakai produk basic skincare aja. Namun kalau sudah derajat sedang dan parah, perlu penanganan dokter spesialis ya. Derajat jerawat ini membutuhkan pengobatan khusus, karena bisa jadi bakteri P. Acnes di wajah kalian semakin banyak. Bahasanya mungkin berkembang biak kali ya.hehe

Jadi sudah dicek belum, jerawat kalian termasuk derajat yang mana?

2.      Pemilihan Produk Skincare

Pastinya, kondisi kulit berjerawat lebih sensitif terhadap produk skincare. Jangan asal pilih ya, apalagi ngikuti “trand” para beauty vlogger. Mereka pakai ini, ikut-ikutan; mereka pakai itu, ikutan juga.

INGATLAH! Kondisi kulit tiap individu berbeda-beda, cocok di dia belum tentu cocok di kalian.

Kalau jerawatan, disarankan basic skincare aja yaitu facial wash gentle, moisturizer, dan sunscreen. Kalau untuk toner dan serum optional ya, jika kondisi jerawat ringan masih tidak apa-apa pakai. Namun apabila pemakaian toner dan serum memperburuk kondisi jerawatmu, WAJIB dihentikan ya!

3.       Jaga Lifestyle dan Makanan

Ini juga penting mooie vechter, karena bisa jadi jerawat kita bermunculan karena pola hidup kalian yang salah atau makanan yang masuk tubuh kalian sembarangan. Hayo ngaku, siapa yang suka makan sembarangan padahal lagi jerawatan?

Life style seperti kebersihan badan, pakaian, tempat tidur, tangan, handphone, atur stress, pola tidur, dll itu perlu diperhatikan. Kuman/bakteri ada dimana-mana, jika kondisi tangan kita penuh bakteri kemudian memegang wajah ya jangan protes kalau muncul jerawat atau memperparah jerawat.

Berkaitan dengan makanan, sebaiknya menghindari makanan yang manis, berlemak, berminyak, berprotein tinggi, olahan susu sapi, fast food, soda, frozen food, dsb yang memicu parahnya jerawat.

Banyak yang mengeluh “jerawatku kok nggak sembuh-sembuh ya? Padahal sudah basic skincare dan memperbaiki lifestyle.” Hey…makanan sehari-harinya apa? Seblak, keju, cake, gorengan, MCD. Ya, ojo protes kalau jerawat tetap bermunculan!”

4.      Konsultasi Dokter Spesialis Bila Perlu

Seriusan ini mooie vechter, kalau kalian merasa jerawatnya bukan berkurang tapi makin bertambah, itu artinya kalian HARUS KONSULTASI DOKTER SPESIALIS!

“Loh, aku sudah ke klinik kecantikan ada dokternya juga kok neng Ai. Lakukan perawatan juga kok sesuai saran dokter di klinik.”

Bukan tidak percaya sama dokter di klinik kecantikan, mereka banyak juga yang sudah tersertifikasi estetika. Namun apabila kalian sudah sering ke klinik menghabiskan dana berjuta-juta tapi jerawat tetap nggak sembuh malah kadang semakin parah, itu artinya kalian butuh dokter spesialis kulit ya. Sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi kalau ini.

5.      Pilih Klinik Kecantikan Sesuai Kebutuhan

Bagi kalian yang putus asa menghilangkan jerawat di wajah, salah satu solusinya bisa pergi ke klinik kecantikan. Kalau kondisi jerawatnya masih ringan, ke klinik kecantikan yang ada dokter umum tidak masalah. Mungkin saja dengan treatment dari sana jerawat bisa membaik/hilang. Namun jika semakin parah, sebaiknya ke dokter spesialis kulit.

Apabila jerawat kalian sudah masuk golongan sedang ke parah, sudah pasti pergi ke klinik kecantikan yang ada dokter spesialis kulit ya mooie vechter. Tidak boleh coba-coba ke dokter umum, karena secara ilmu & pengalaman sudah cukup berbeda. Bisa juga ke rumah sakit yang ada dokter spesialis kulit, biasanya mereka juga ada tindakan treatment seperti peeling.

Jerawat itu mengandung bakteri, jika salah ditangani si bakteri akan semakin banyak. Percayalah, kesalahan penanganan jerawat semakin memperparah kondisimu. Jadi jangan sembarangan ke dokter/klinik dan sembarangan melakukan treatment ya.

PANTANGAN UNTUK WAJAH BERJERAWAT (BERDASARKAN DOKTER SPESIALIS KULIT)

Neng Ai beberapa kali sempat konsultasi ke dokter spesialis kulit seputar permasalahan jerawat. Dari sekian banyak dokter neng Ai, semua yang disampaikan kurang lebih sama. Terutama soal pantangan/hal yang tidak boleh dilakukan ketika kondisi lagi jerawatan. Apa saja itu?

yang tidak boleh dilakukan wajah berjerawat


Intinya, kalau kondisi kulit berjerawat lifestyle harus dijaga, perhatikan makanan yang dikonsumsi, kelola stress, rajin olahraga dan pilih produk yang sesuai.

Jika jerawat sudah on-off terus, artinya produk skincare saja tidak cukup ya mooie vechter. Perlu konsultasi ke dokter spesialis, karena harus diobati bukan hanya dirawat lagi pakai skincare biasa.

TAHAPAN YANG BENAR PERAWATAN RUTIN WAJAH BERJERAWAT

Setelah kalian mengetahui jenis jerawatnya, pastikan memilih produk sesuai kebutuhan kulit kalian ya mooie. Berikut neng Ai share sedikit perawatan kulit berjerawat yang benar (untuk kondisi tipe jerawat ringan ke tipe sedang). Ini sesuai anjuran dari beberapa dokter spesialis kulit ya mooie vechter.

Saat kondisi kulit kalian sedang berjerawat butuh memperbaiki skin barrier. Apa itu? Skin barrier adalah lapisan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari patogen penyebab infeksi, sinar UV, polusi, radikal bebas, dan bahan kimia berbahaya. So, prioritas pakai basic skincare aja ya, cukup lakukan perawatan rutin berikut ini:

Pagi/Siang Hari

1.       Cuci muka dengan gentle wash (facial foam lembut)

Jenis sabun untuk kulit berjerawat, pakai yang gentle/lembut dan di muka tidak kesat. Hindari sabun yang ada bahan SLS (Sodium lauryl sulphate) dan yang ada scrubnya dulu ya, karena bisa memperparah jerawat. Kalau bingung, tanyakan ke dokternya. Minta referensi facial washnya.

2.      Pakai moisturizer/pelembab

Sesudah cuci muka, lap pakai tisu/handuk halus (hindari menggosok-gosok wajah dengan handuk). Jaga kulit wajah masih agak basah supaya moisturizer yang diaplikasikan menyerap optimal. Aplikasikan moisturizer pada wajah secukupnya.

3.       Pakai sunscreen/tabir surya

Setelah pelembab terserap sempurna, aplikasikan sunscreen merata di wajah dan leher. Cukup pakai 2 ruas jari ya. Untuk produk sunscreen sendiri, pilih yang khusus untuk jerawat & oil control. Jangan lupa re-apply/aplikasikan ulang tabir surya tiap 3-4 jam sekali.

4.      Konsumsi obat jerawat (resep dokter spesialis)

Disarankan obat jerawat yang diresepkan dokter ya mooie vechter. DILARANG KERAS BELI OBAT SENDIRI  karena lihat di internet atau rekomendasi beauty vlogger/blogger. Harus sesuai resep dokter, karena biasanya yang dikasih obat antibiotic, anti nyeri & anti radang (biasanya obat merah/keras juga). Obat-obaan ini pemakaiannya harus dipantau oleh dokter, dikarenakan ada jangka waktu pemakaiannya.

basik skincare kulit berjerawat


Malam Hari

1.       Cuci muka dengan gentle wash (facial foam lembut)

Saat malam hari tetap mencuci muka dengan facial wash seperti biasa.

2.      Pakai moisturizer/pelembat

Setelah cuci muka, lap wajah dengan tissue/handuk halus. Biarkan wajah dalam kondisi masih agak basah, lalu aplikasikan moisturizer secukupnya. Kalau malam tidak perlu pakai sunscreen sih, tapi kalau mau tetap pakai ya tidak dilarang.

3.       Konsumsi obat jerawat (resep dokter spesialis)

Sama seperti skincare pagi/siang, apabila ada obat yang harus diminum jangan lupa untuk diminum ya mooie vechter. Usahakan rutin minum tanpa bolong, biasanya kalau antibiotic harus minum terus sesuai anjuran dokter.

Sayangilah kulitmu sendiri, layaknya menyayangi pasanganmu dan orang tuamu.

Bagaimana? Sudah cukup jelas belum perawatan rutin untuk wajah berjerawat? Sudah sesuai belum perawatan kalian saat lagi berjerawat? Jadi, sekarang mooie vechter jangan asal makai skincare kalau kondisi wajah lagi jerawatan ya. Mungkin ada yang mau sharing pengalaman jerawatnya atau mau berbagi skincare rutinnya pas jerawatan? Boleh banget dong, langsung coret-coret komentarnya ya.

penjelasan dan jenis jerawat hormonal


Post a Comment

Thank you atas kunjungannya. Silakan jika ingin menulis komentar dan ide-ide tulisan berikutnya.
Pastikan rutin berkunjung ya, serutin merawat kulit kita...
Gandjel Rel