skinkeren.com

Karena Manusia Makhluk Sosial, Nge-Blog pun Butuh Bersosial. SIAPAKAH JILBABJILBABPUTIH.BLOGSPOT.COM?

halaman blog jilbabjilbabputih.blogspot.com



Dunia blogging tidak lepas dari interaksi antar sesama manusia, jadi berkomunikasi antar blogger juga diperlukan. Pada materi ke 4 Blogspedia Coaching kali ini, dapat tugas untuk mengulik-ulik informasi sesama peserta. Masing-masing dari kita memilih partner untuk bertukar informasi. Apa saja yang perlu kita kupas tentang partner? Pastinya bukan informasi pribadi, apalagi rahasia rumah tangga.hehe Jelas bukan dong… Pembahasan hanya seputar profil dan hal yang berkaitan blogging. Singkat cerita, bersatulah saya dengan si pemilik akun jilbabjilbabputih.blogspot.com

Awalnya kita berpartner dari grup Whatsapp, ketika si dia meminta ijin untuk berpasangan denganku. Senangnya hati ini dapat pasangan, jadi makin semangat bloggingnya. Partner baru, pasti akan saling bertukar dan berbagi informasi bersama. Daritadi ngomongin pasangan terus, jangan salah paham ya pemirsa. Ini bukan pasangan hidup, melainkan pasangan blogging, Ada yang penasaran sama pasanganku? Yuk, dilanjut bacanya.

Siapakah si jilbabjilbabputih.blogspot.com?

sosok dibalik kak Thia pemilik blog jilbabjilbabputih.blogspot.com


Ketika kita saling menyapa di whattsapp (personal chat), saya masih belum mengetahui akun blog dia. Berawal dari perkenalan pada umumnya, seputar nama. Karena saya masih sibuk ngantor, jadi slow respon balasnya. Sepulang ngantor, bisa mulai fokus berkomunikasi dengannya. Saya balas chat dia dan mengajaknya bertukar informasi. Saya membuat format singkat seputar data diri dan informasi blog. Darisitulah aku tahu dia si pemilik jilbabjilbabputih.com

Thia Trisnowati namanya, biasa disapa Thia. Wanita asal Klaten dengan kesibukan jadi IRT dan juga bekerja. Wah…luar biasa kehidupannya. Itulah kesan pertamaku membaca perkenalan dia. Membayangkan betapa sibuknya bekerja, apalagi masih harus mengurus rumah tangga tapi masih menyempatkan untuk blogging. Itu hal yang menakjubkan bagiku, karena aku belum mengalami fase tersebut.

Kak Thia ini hobi ngeblog, terlihat saat aku mampir untuk kepoin blognya. Saat masuk halamannya terlihat bagus dan rapi, nampak seperti sudah terbiasa ngeblog. Usut punya usut, ternyata memang sudah nge-blog dari tahun 2013 namun baru aktif 2-3 tahun ini. Saat bahas tentang hal yang ingin dicapai saat ini, jawabnya “benerin blognya biar keren”. Padahal sudah keren banget menurutku.

Saat scroll blognya si jilbabjilbabputih.blogspot.com, sudah nampak beberapa artikel dirilis. MasyaAllah…rapi dan simple, jadi nyaman waktu baca artikelnya. Kak Thia yang suka topik seputar self improvement ini punya harapan branding blognya bisa berhasil. Mari kita doakan, semoga terwujud semua harapannya. Salut juga sama aktivitasnya pas lagi bosen blogging, kalau aku bosen ya nyari kesibukan yang tidak berkaitan dengan blogging/menulis, dll. Tapi kalau dia beda, mengalihkan kebosanannya dengan nyari inspirasi dan ikut komunitas. Baginya itu bisa menambah semangat. Luar biasa kan pemirsa.

Alasan si jilbabjilbabputih.blogspot.com blogging apa ya?


Ada satu kalimat yang tertulis di salah satu tulisannya yang berjudul 4 Alasan Terkuat Mulai Ngeblog. Disitu tertulis “The are hundred reasons not to do something. You only need to find one reason to do it.” Jadi dalam melakukan suatu hal itu butuh alasan, tidak harus ratusan, satu alasan sudah cukup. Karena melakukan sesuatu tanpa alasan, biasanya tidak akan bertahan lama.

Ternyata karya ngeblognya yang sudah lama itu, awalnya untuk dikonsumsi sendiri pemirsa. Not for share. hehe Sejenis untuk ruang curhatan pribadi kali ya, mungkin baginya lebih leluasa dan bebas kalau curhat di blog. Namun lama kelamaan dia semakin menyukai menulis sejak pandemi. Rasa sukanya diaplikasikan dengan mengikuti berbagai challenge menulis yang hingga akhirnya menuntun hatinya untuk memilih ngeblog. Baginya, blogging itu platform yang paling fleksibel dan bebas.
alasan ngeblog ala kak Thia jilbabjilbabputih.blogspot.com

Jadi kenapa si jilbabjilbabputih.blogspot.com memilih ngeblog?

1. Self Healing


Melalui blog, bisa mengurangi rasa penat di pikiran. Biasanya ketika kepala cenat cenut, dia membuat catatan/coretan di kertas, karena itu bisa membuatnya lebih membaik. Saat pertama ngeblog, dia membuat curhatan-curhatan yang disimpan di draftnya. Self healing bisa dia lakukan melalui blog sesuai versinya sendiri.

2. Berbagi Inspirasi


Keinginannya untuk membagi pengalaman/menyalurkan ide berawal dari beberapa ilmu yang dia peroleh dari internet. Hal tersebut memotivasinya agar bisa berbagi informasi bermanfaat pula untuk orang lain. Itulah alasan kedua dia ngeblog.

3. Penghasilan


Temen blognya mendapat penghasilan dari menulis, jadi dalam ngeblog tidak menutup kemungkinan bisa menghasilkan cuan.

4. Mengikat Ilmu dan catatan


Blog itu seperti jejak digital, jadi apa yang ditulis dan dibagikan disitu dapat dibuka sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Harapannya, blog dia bisa jadi tempat menyimpan ilmu yang ketika otak merasa kepenuhan, ingin scrolling blog sendiri, dan akhirnya bisa menemukan ilmu yang dulu pernah dipelajarinya.

Bagi kak Thia, blog seperti rumah keduanya untuk menulis karena rumah pertamanya jurnal harian personalnya.hehe Kegiatan menulis adalah pekerjaannya sehari-hari, jadi tidak salah lagi kalau dia sesuka itu dengan menulis.

Bagaimana manajemen waktu blogging si jilbabjilbabputih.blogspot.com ?

manajemen waktu ala kak Thia jilbabjilbabputih.blogspot.com


Pengelolaan orang yang suka menulis emang beda permirsa. Kalau aku jam malam biasanya untuk istirahat karena otak sudah lelah berpikir dan kadang sudah buntu. Beda halnya dengan kak Thia ini, dia memanfaatkan waktu malamnya untuk menulis. Ketika waktu menunjukkan pukul 21.00, dia memulai aktivitas menulisnya. Waktu tersebut menurutnya adalah yang tepat untuk menulis karena suasana lebih tenang dan sudah tidak sibuk dengan aktivitas rutinan. Namun saat weekend, dia lebih suka menulis di siang hari.

Semangat dan konsistensi dalam menulis perlu diterapkan, karena itu dapat menjadikan kebiasaan yang hebat. Jadi kak Thia menerapkan satu jam per hari, maksudnya cukup menulis sejam untuk setiap harinya. Tidak perlu menghabiskan waktu lama-lama untuk menulis. Aku setuju banget ini.

Cara orang mendapat ide tulisan berbeda-beda, begitu juga kak Thia. Dia biasanya menemukan ide dari baca buku, blogwalking/Instagram walking, dan ketika bertemu masalah. Ide itu bermunculan dimanapun, jadi sebelum hilang/lupa segera susun/tulis di bank ide nanti pas mau eksekusi tinggal buka aja bank idenya.

Tips mengelola waktunya singkat namun menyeluruh dan bisa untuk dijadikan referensi bagi yang ingin menerapkan konsisten menulis. Bagaimana pemirsa, sudah tergugah untuk blogging atau mulai mengatur waktu bloggingnya?

Sendirian itu tidak baik, karena hakekatnya manusia adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi dan saling membutuhkan. Sejatinya manusia tidak hidup sendirian. Sama halnya dengan blogging, kita pasti perlu berkomunikasi dengan yang lain agar dapat bertukar informasi dan saling berbagi ilmu. Seperti aku ini, yang berinteraksi dengan kak Thia yang dengan senang hati membagikan pengalamannya. Hingga menghasilkan tulisan yang membahas seputar pemilik blog jilbabjilbabputih.blogspot.com. Ini hanya salah satu dari banyak manfaat yang kita dapat dari bersosialisai/berinteraksi dengan yang lain. So, tidak ada salahnya berinteraksi dengan yang lain untuk menjadi lebih baik.

4 comments

Thank you atas kunjungannya. Silakan jika ingin menulis komentar dan ide-ide tulisan berikutnya.
Pastikan rutin berkunjung ya, serutin merawat kulit kita...
  1. Judulnya bener banget kak, ngeblog juga butuh bersosial hehehe..

    ReplyDelete
  2. cant agree more, jadi bisa aling silaturahmi dan nambah circle ya

    ReplyDelete
Gandjel Rel