skinkeren.com

PENTINGNYA BLOGGER MENERAPKAN CONTENT PLAN UNTUK KONSISTEN BLOGGING

content plan for blogger

Hai mooie vechter, dimanapun kalian berada. Kalau membahas tentang blogpost, biasanya apa yang muncul di pikiran kalian? Ada yang mikirin ini nggak? “Pilih niche apa ya? Judul apa ya? Kapan nulisnya ya? Posting kapan enaknya?” Nah, semua itu bisa direncang dalam content plan lho mooie vechter. Jadi neng Ai kali ini bahas seberapa pentingnya blogger menerapkan content plan, terutama untuk konsistensi posting blog.

Tidak hanya content creator saja yang butuh content plan, blogger pun pasti membutuhkannya supaya postingan mereka teratur dan sistematis sesuai schedule yang dirancang.

SEBERAPA PENTINGNYA BLOGGER MENERAPKAN CONTENT PLAN?

Content plan/rencana konten adalah sebuah strategi yang digunakan oleh blogger untuk merencanakan, mengatur, dan mengelola konten yang akan dipublikasikan di blog mereka. Rencana konten ini merupakan panduan yang mencakup topik, jadwal, tujuan, serta strategi untuk memastikan bahwa konten yang diproduksi relevan, berkualitas, dan sesuai dengan tujuan blogging kalian.

Apa yang Dipersiapkan untuk Menyusun Content Plan?

Content plan dalam penyusunannya perlu memperhatikan/mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut:
persiapan dalam content plan blog

Tujuan dan Strategi Konten

Menentukan tujuan blogging, misal ingin meningkatkan lalu lintas ke situs, membangun merek pribadi, menghasilkan pendapatan, dsb. Adanya tujuan dapat membantu merumuskan strategi konten yang sesuai.

Penentuan Audiens

Mengenali target audiens sepeti siapa mereka, apa yang mereka cari, dan apa masalah/kebutuhan yang dapat kalian bantu selesaikan melalui konten.

Penelitian Kata Kunci

Menemukan kata kunci yang relevan dengan topik yang ingin dibahas. Ini akan membantu kalian meningkatkan SEO dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Penentuan Topik

Memuat daftar topik yang ingin dibahas dan relevan dengan minat audiens serta sesuai tujuan anda.

Jadwal Publikasi

Menentukan jadwal publikasi, misalnya berapa kali per minggu/per bulan posting konten.

Gaya Penulisan

Memilih gaya penulisan yang akan digunakan dalam konten. Ingin gaya yang formal, santai, atau informatif? Pastikan gaya ini konsisten dalam semua posting.

persiapan dalam content plan blog

Tipe Konten

Pikirkan jenis konten yang ingin kalian buat, seperti artikel, panduan, ulasan produk, wawancara, atau video.

Rencana Promosi

Mempertimbangkan cara kalian akan mempromosikan konten, melalui media sosial, email, facebook, TikTok atau saluran lainnya.

Pemantauan dan Pengukuran

Menentukan metrik kinerja yang ingin kalian pantau, seperti lalu lintas situs, interaksi sosial, tingkat konversi, dan sebagainya dengan alat analitik.

Kalendar Konten

Membuat kalender konten yang mencantumkan topik, tanggal publikasi, kata kunci, dan rencana promosi.

Cadangan Ide

Menyiapkan cadangan ide untuk postingan tambahan jika kalian mengalami blok konten atau perubahan dalam minat audiens.

Evaluasi dan Perbaikan

Meninjau metrik kinerja dan respons audiens, dan sesuaikan rencana kalian dengan kebutuhan.
“So, persiapkanlah senjatamu sebelum bertempur.”

Sepenting Apa Content Plan Bagi Blogger?

Tanpa disadari, sebenarnya menyusun content plan blog termasuk penting bagi seorang blogger, karena itu dapat memperlancar kalian dalam mencapai tujuan/sasaran blogging. Ada beberapa manfaat dari penyusunan content plan, diantaranya:

pentingnya rencana konten blog

1. Mengatasi Blok Konten

Blok konten merupakan kondisi ketika seorang blogger kehabisan ide atau inspirasi untuk menulis. Dengan adanya rencana konten yang terstruktur, seorang blogger dapat menghindari situasi ini. Rencana topik konten jangka panjang dan menghasilkan ide-ide kreatif dilakukan sebelum mereka benar-benar memerlukannya. Jadi kalau pas mau posting, tinggal lihat content plan aja dong.

2. Konsistensi

Salah satu kunci kesuksesan dalam dunia blogging adalah konsistensi. Ketika seorang blogger tidak memiliki rencana konten, sangat mudah bagi mereka untuk kehilangan fokus dan mengalami periode ketidakaktifan. Rencana konten yang terstruktur akan dengan mudah menjaga konsistensi dalam penulisan dan publikasi.

3. Meningkatkan SEO

Search Engine Optimization (SEO) sangat penting untuk meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari seperti Google. Memiliki rencana konten yang terstruktur dengan baik, mempermudah blogger melakukan penelitian kata kunci yang cermat, mengoptimalkan setiap posting blog, dan menghasilkan konten yang lebih terfokus dan relevan.

4. Memahami Audiens

Seorang blogger dapat merencanakan konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens mereka. Misal mengidentifikasi tren dan topik yang paling diminati, sehingga dapat memberikan konten yang relevan dan bermanfaat. Hal ini membantu kalian membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens kalian.

5. Mengukur Kinerja

Rencana konten yang terstruktur membantu blogger lebih mudah mengukur kinerja konten. Kalian dapat melacak statistik seperti jumlah kunjungan, tingkat keterlibatan, dan konversi. Ini akan membantu kalian memahami apa yang berfungsi dan apa yang tidak, sehingga dapat terus meningkatkan konten kalian.

BLOG DENGAN & TANPA CONTENT PLAN

Blogger yang sudah menyiapkan content plan pasti berbeda dengan yang belum punya content plan sama sekali. “Bagaimana bisa terlihat berbeda neng Ai? Mereka kan sama-sama blogger?”
Wah, ya jelas berbeda dong. Ibarat kata kalau kita belajar untuk ujian, yang satu punya rangkuman materi bahan ujian dan satunya tidak punya. Seperti itulah perumpamaannya.
Berikut ringkasan perbedaan yang terlihat antara punya content plan dan tanpa content plan :

perbedaan ada content plan dan tanpa content plan

PENGARUHNYA TERHADAP KONSISTENSI BLOGGING

Memangnya sengaruh itu ya dengan konsistensi? Wah..wah..yo jelas ngaruh to ya! Kalian bakal lebih rajin blogging pas punya banyak content plan atau pas tanpa rancangan content plan?
Of course yang udah siap content plan kan?

Jadi terlihat sekali efek sampingnya kalau siap content plannya, akan lebih rajin posting dan selalu mencari ide-ide baru untuk bahan postingan berikutnya.
“Kalau mau meningkat konsistensi bloggingnya, pastikan menyusun content plan blogpost dahulu.”

KONSEP CONTENT PLAN BLOG

Penyusunan content plan tidak ada konsep yang paten, dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Baik monthly, weekly atau daily content plan, umumnya dalam penyusunannya mencakup beberapa komponen meliputi topik/tema, keywords, judul, referensi, tanggal posting dan link postingan. Neng Ai sedikit sajikan gambaran content plan monthly, weekly dan daily di bawah ini!
 
Contoh monthly content plan
rencana konten bulanan

Contoh weekly content plan
rencana konten mingguan

Contoh daily content plan
format rencana konten harian


Itulah pentingnya blogger menerapkan content plan untuk rutinitas blogpost mereka. Memang tidak aturan wajib seorang blogger harus menyusun content plan, tapi jika hal ini dapat mempermudah dan membantu kalian dalam kesuksesan blogging, why not to do it? So, bagaimana konsep content plan blog kalian?



12 comments

Thank you atas kunjungannya. Silakan jika ingin menulis komentar dan ide-ide tulisan berikutnya.
Pastikan rutin berkunjung ya, serutin merawat kulit kita...
  1. Kalo dijabarin perbedaan content plan dan tanpa content plan keliatan banget powerfullnya konten plan ya mba. Nice info ;)

    ReplyDelete
  2. Jadi mikirin konten plan nih! Thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
  3. Artikel nya lengkap, infografisnya keren. Pake aplikasi apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesayangan kita semua, Canva dong bu..haha Yang selalu memenuhi semua kebutuhan desain kita.

      Delete
  4. Content planku gimana ya? Hmmm...yg simpel, realistis, mudah eksekusinya. Kutak berani bikin yang szulit2 dulu ah

    ReplyDelete
  5. Kuncinya adalah konsisten, dimana itu yang sulit sih menurutku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups....harus berusaha keras krn godaan untuk konsisten besar.hehe

      Delete
  6. Cakep-cakep forman content plannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullillah, terima kasih. Punya kakak juga cakep kok.

      Delete
Gandjel Rel