skinkeren.com

PERSONAL BRANDING YANG DIBUTUHKAN BLOGGER : SKINKEREN.COM

Hai mooie vechter dimanapun kalian berada, semoga tetap setia membaca tulisan neng Ai yang masih banyak kurangnya ini. Tahukah kalian, kalau sebagai blogger ternyata tidak cuma nulis-nulis terus posting kemudian! Ada hal penting juga yang perlu dibangun, seperti personal branding yang dibutuhkan blogger. Weleh…weleh….opo iku personal branding neng Ai?

Hmm..apa ya bahasa gampangnya? Sejenis doktrin atau cap untuk seorang blogger kali ya? Daripada banyak bertanya, mari lanjut baca dan belajar bersama neng Ai saja! Karena neng Ai, juga pingin branding untuk blog tercintaku skinkeren.com .hehehe

cara personal branding para blogger


Seperti Apa Personal Branding yang Dibutuhkan Blogger?

Sebelum mengoceh terlalu dalam, sebaiknya kita pahami dulu makna dasar dari istilah ini. Personal branding adalah gambaran diri kalian yang terlihat di mata orang, atau gampangnya pemikiran/persepsi orang terhadap diri kalian berdasarkan apa yang kalian lakukan selama ini. Misalnya, Si Ayu hampir setiap hari selalu menyebarkan video masakan/tulisan resep buatan dia. Apa pemikiran kalian terhadap si Ayu pertama kali? Sebagian besar mungkin akan mengatakan “Ni anak content creator dan writer masakan ya?” Apa ada yang mengira dia seorang koki? Masih nyambung aja kalau koki. Namun kecil kemungkinan ada yang menganggap Ayu seorang penyanyi ataupun make up artist. Benar nggak mooie vechter?
Sampai di sini, sudah memahami makna dasar personal branding ya mooie vechter?

“Apa identitasmu atau seperti apa kamu digambarkan orang ketika melihatmu, itulah personal branding.”
Branding ini penting bagi para blogger, apalagi yang masih pemula seperti neng Ai ini. Tujuan dari personal branding sebagai berikut:

tujuan dari personal branding blogger

Membedakan Diri

Dunia blogging itu sangat kompetitif, dengan personal branding membantu kallian membedakan diri dari blogger lain yang membahas topik yang sama. Ini membantu pembaca mengenali kalian dan mengidentifikasi apa yang membuat kalian terlihat unik.

Memperkuat Reputasi

Membantu kalian membangun reputasi yang kuat sebagai seorang ahli dalam niche yang dipilih. Ketika konsisten dalam memberikan konten berkualitas, pembaca akan datang untuk mencari pengetahuan dan wawasan dari kalian.

Meningkatkan Kepercayaan

Membangun personal branding yang konsisten dan positif, dapat menguatkan kepercayaan pembaca kalian. Kepercayaan adalah aset berharga dalam blogging, karena pembaca lebih cenderung mempercayai dan mengikuti saran dari seseorang yang mereka anggap sebagai otoritas dalam niche tertentu.

Daya Tarik untuk Kolaborasi dan Peluang

Ketika memiliki personal branding yang kuat, akan mendatangkan/menarik perusahaan yang ingin berkolaborasi dengan kalian. Ini bisa menghasilkan peluang seperti sponsorship, ulasan produk, atau kemitraan yang menguntungkan.

Meningkatkan Nilai Jangka Panjang

Bisa dibilang sebuah investasi jangka panjang dalam karier blogging kalian. Dengan membangun citra yang kuat dan konsisten, akan meningkatkan nilai dan daya tahan blog kalian seiring berjalannya waktu.

Bagaimana Membentuk Personal Branding sebagai Beauty Blogger?

Dalam prosesnya, personal branding tidaklah mudah dan singkat, pasti membutuhkan waktu yang panjang. Banyak hal yang harus neng Ai lakukan agar menemukan branding yang sesuai.

cara membentuk personal branding blogger

Menemukan Passion dan Niche

Awal dari keinginan blogging, namun tidak tahu harus bagaimana dan ngapain. Saat itu penuh kebingungan, tidak tahu harus memilih topik apa dan nulis apa. Sebenarnya agak tergesa-gesa ketika memilih niche tentang beauty/kecantikan. Namun, inilah aku yang menyukai hal-hal berbau kecantikan entah itu produk skincare, perawatan kulit, produk make up, kesehatan kulit, dan hal lain yang berkaitan.

Secinta itu neng Ai ketika mengulas hal yang ada sangkut pautnya sama kecantikan. Akhirnya kuputuskan menelateni niche ini dengan penuh harapan keberhasilan. Ternyata mengisi blog dengan niche pilihan tak semudah khayalan ya, butuh berpikir keras untuk memperoleh ide-idenya. 
Apa kalian para blogger mengalami hal yang sama?

Menentukan Tujuan dan Pesan

Pemilihan niche sudah, pasti harus punya tujuan dan pesan yang ingin disampaikan dong. Memikirkan ini pun harus hati-hati, supaya tujuan kita dalam blogging tepat sasaran. Neng Ai membutuhkan waktu lama saat memikirkan ini :
“Apa yang membuatku unik? Apa yang ingin ku ajarkan, sampaikan, atau bagikan untuk pembaca?”
Kalau tujuan dan pesan insyaAllah sudah kutemukan, dengan niche kecantikan pasti memiliki misi berbagi informasi seputar kecantikan dong, baik itu produk, info kesehatan kulit, makanan untuk kulit, dsb.
Tapi kalau ditanya keunikan, aku hingga sekarang masih berusaha menemukan keunikanku di sini.
cara membentuk personal branding blogger

Riset Pesaing dan Kepuasan Pembaca

Tentunya sebelum aku tetapkan pilihan ke dunia kecantikan, pasti riset sana-sini dulu. Selain karena sukanya dunia kecantikan, riset bagiku juga perlu. Beauty blogger di Indonesia bertaburan dimana-mana dan apalagi di dunia, masyaAllah luar biasa banyak dan hebat-hebat. Sebagai pemula pasti pesimis dong, silau sekali lihat blog-blog kecantikan yang famous. Demi branding yang kuat ya harus tetap percaya diri dong pastinya. Terus pelajari blog-blog yang sudah ada, analisis apa yang mereka lakukan dan perhatikan pendapat pembaca.
“Apa yang mereka cari, apa yang mereka sukai, dan apa yang mereka benci? Adalah hal yang membantu untuk memahami kebutuhan dan keinginan pembaca.”

Mulai Menulis Berkualitas

Saat awal menulis di blog, luar biasa kacaunya. Ternyata tulisan juga ada aturan yang sesuai SEO. Mana ada kenal SEO dulu, nulis ya nulis aja. Setelah belajar di Blogspedia Coaching, mata ini terbuka dari “nulis itu nggak asal nulis.” Konten adalah raja dalam dunia blogging, jadi SEO on Page dalam tulisan wajib diterapkan.

Hal lain yang mempengaruhi kualitas tulisan adalah relevan tulisan dengan niche. Memastikan tulisan informatif, bermanfaat, dan mudah dipahami. Menggunakan gaya penulisan yang unik dan mudah diingat agar pembaca dapat mengidentifikasi. Inilah yang juga sulit ditemukan, namun terus berusaha menerapkan sesuai aturan.
“Tidak ada hasil yang instan, semua itu berproses!”

Menggunakan Media Sosial

Mooie vechter pasti tahu kekuatan media sosial seperti apa? Apalagi jaman sekarang, mayoritas punya sosial media. Mau Facebook, Instagram, Tik-Tok, Twitter, Path, dan lain sebagainya. Betapa dasyatnya kekuatan mereka menyebar informasi.

Selama blog coaching, setiap hasil link tulisan harus diposting ke media sosial (Instagram) ternyata bukan tanpa tujuan ya. Ini termasuk membangun personal branding juga. Aku baru menyadarinya ketika banyak teman-temanku yang sering bertanya, mulai dari “Kamu posting apaan sih itu?” “Kamu lagi ikut apaan sih?” “Lagi ikut blog ya?”

Sampai ada pertanyaan lucu “Instagram kamu lagi dihack ya Ai?” Hahaha inilah pertanyaan yang paling membuatku tertawa.

Manfaatkan sosmed sebaik mungkin, untuk mendapatkan kedasyatan kekuatannya dalam personal branding.

Menjaga Konsistensi

Tetap konsisten dalam penulisan, posting di media sosial, dan berinteraksi dengan pembaca yang sedang kulakukan hingga saat ini. Semoga ini akan membantu dalam membangun citra yang kuat blog kesayanganku “Beautiful Skin Dreamer”.

Belajar dan Berkembang Terus

Perjalanan masih panjang, harus selalu terbuka untuk belajar dan berkembang serta mengikuti tren terbaru sesuai niche neng Ai. Tetap mempelajari SEO, dan meningkatkan keterampilan menulis pastinya.

“Semakin kita berinvestasi dalam peningkatan diri, semakin kuat personal branding nantinya.”

Bagaimana Personal Branding SKINKEREN.COM?

Sejauh langkahku ini, masih banyak yang harus ditempuh demi kesuksesan personal branding. Tujuan dari terbentuknya blog skinkeren.com untuk mecapai personal branding dalam dunia kecantikan yang memiliki keunikan tersendiri dan dikenal banyak orang serta mendatangkan banyak pengunjung.

Sambil berjalan, sambil menemukan keunikan itu. Tetap konsisten membuat tulisan yang relate dengan niche pilihanku. Sebisa mungkin, akan ku usahakan mensinkronkan niche dan tulisan. Neng Ai bukan orang yang suka sering posting di sosial media, jika ini bisa membangun branding lebih baik kenapa tidak?
logo header personal branding

Langkah masih panjang, masih banyak yang belum mengenal skinkeren.com secara keseluruhan. Jadi harus tetap jaga konsistensi baik di tulisan maupun postingan di media sosial.

Apa Yang Diharapkan dari Personal Branding SKINKEREN.COM?

Harapan utamanya pasti keberhasilan dari personal branding blog skinkeren.com sendiri. Pasti pada nanya “berhasil dari segi apa saja neng Ai?”

Pertama, semua karya yang ku sajikan bermanfaat untuk pembaca/pengunjung.
Kedua, mendatangkan banyak pengunjung di blogku serta banyak masukan dari mereka.
Ketiga, dikenal banyak orang dan menarik mereka untuk berkunjung ke blogku.
Keempat, betah lama-lama ngulik halaman blog neng Ai dan selalu menantikan karya tulisan neng Ai selanjutnya.
Kelima, semoga mendatangkan rejeki melimpah baik ajakan kerjasama, periklanan, job menulis, dsb.

Don’t forget to contact me for cooperation!

kartu nama Aida skinkeren.com


Personal branding yang dibutuhkan blogger selain dari passion, niche, tulisan, konsistensi, dan terus belajar juga membutuhkan peranan dari media sosial yang saat ini memiliki kekuatan luar biasa dalam penyebaran informasi. Jangan menyerah menggapai keberhasilan personal brandingmu! "Jadi sudah sejauh manakah personal brandingmu sebagai blogger?"


Post a Comment

Thank you atas kunjungannya. Silakan jika ingin menulis komentar dan ide-ide tulisan berikutnya.
Pastikan rutin berkunjung ya, serutin merawat kulit kita...
Gandjel Rel