skinkeren.com

WILD BLOOM : REVIEW DRAMA CHINA INSPIRATIF UNTUK WANITA


zhao-li-ying-drama-china-wild-bloom

Mooie vechter ada yang punya rekomendasi film atau drama China inspirastif untuk neng Ai kah? Supaya tontonannya lebih bervariatif gitu, karena sampai detik ini neng Ai masih sulit move on dari drama satu ini. Coba nonton berulang-ulang supaya bosen, tapi masih saja terhanyut dengan alur plotnya.

Drama China dengan settingan plot kehidupan era 1990-an menambah rasa penasaran untuk menontonnya. Awalnya sempat pesimis pas lihat ada 36 episode, dalam hati berkata “Waduh, episodenya banyak betul ya. Mana bisa kelar nih kalau 36 episode! Pasti setengah jalan doang.”

Neng Ai kalau nonton drama tidak suka yang episodenya terlalu panjang, kadang 16 episode aja banyak yang “skip”, apalagi genre era 1990-an gini. Tapi entah ada keajaiban apa, neng Ai bisa khatam nonton dramanya. Bahkan sempat menontonnya ulang, sampai sekarang pun vibesnya masih ngena banget di neng Ai.

JUDUL DAN PEMERAN DRAMA CHINA INSPIRATIF

Judul Drama : Wild Bloom

Jumlah : 36 Episode

Sutradara : Fu Dongyu

Jadwal Tayang : 27 November 2022 – 15 Desember 2022

pemeran dan sutradara drama china wild bloom

Pemeran:

Zhao Li Ying sebagai Xu Ban Xia

Ou Hao Tong Xiao Qi

Li Guang Jie sebagai Zhao Lei

Liu Wei sebagai Wu Jian She

Ke Lan sebagai Gao Yue Jin

Ren Zhong sebagai Feng Yu

support role dan guest role dalam drama china wild bloom

SEPUTAR WILD BLOOM

Drama China ini diangkat dari novel Bu De Wang Sheng karangan A Nai. Fokus utama dari drama ini adalah karakter utama wanitanya, Xu Banxia (Zhao Liying) yang memiliki mimpi sukses saat terjun ke industri baja. Tidak hanya dibalut unsur bisnis, drama ini juga ada unsur persahabata, kekeluargaan serta romansa. Latar era 1990-an digunakan dalam alur cerita pada drama ini.

Wild Bloom menerima banyak respons positif dari penonton sejak penayangan perdananya di negara asalnya. Drama ini sukses mencetak skor yang sangat memuaskan, yakni sebesar 8,4 dari kurang lebih 227 ribu pengguna (platform Douban).

Wild Bloom sendiri sebenarnya bukan merupakan proyek kolaborasi pertama Fu Dongyu dan Zhao Liying. Keduanya sebelumnya bekerja sama dalam drama China Faith Makes Great yang mengudara di tahun 2021. Kali ini, setelah melalui komunikasi yang mendalam, Fu Dongyu dan Zhao Liying memutuskan untuk sekali lagi menjalin kerja sama.

CUPLIKAN SINGKAT

Drama ini mengisahkan perjuangan seorang wanita yang ingin sukses berbisnis di dunia baja. Xu Banxia adalah wanita tangguh yang berjuang untuk hidupnya dan mewujudkan mimpinya. Ibunya sudah lama meninggal dan ayahnya kini hidup bersama keluarga barunya. Hal tersebut membuat hubungan mereka jadi renggang. Banxia bersama kedua sahabatnya Tong Xiaoqi dan Xiao Chen memulai bisnis baja bekas mereka dari yang sedikit, hingga bisa memiliki perusahaan serta dermaga unuk baja-baja mereka.

Sebagai pengusaha jalan tidak selalu lancar, pasti tidak jauh dari hambatan dan rintangan. Mulai dari berselisih dengan sesama pebisnis baja, dikucilkan, ditipu, seluruh uang modal dibawa lari penipu, terkatung-katung di luar negeri demi mendapat pemasok baja, pertengkaran dengan sahabatnya, kehabisan uang untuk membayar gaji karyawan, dan masih banyak lagi hambatan yang dialami Banxia ini.

Proses merintis bisnis pasti membutuhkan dana besar, Banxia berusaha mencari pinjaman kesana-kemari bahkan ke rumah ayahnya yang dia benci namun tidak mendapatkan pinjaman yang dia butuhkan. Selama perjalanan menghadapi liku-liku bisnisnya, dia mendapat bantuan pinjaman dana dari Zhao Lei seseorang dari perusahaan pendanaan sudah lingkup luar negeri yang kemudian menjadi kekasihnya.

Berkat kegigihannya, akhirnya dia sukses mendirikan perusahaan baja impiannya yang diberi nama Banxia Steel. Dunia bisnis baja yang mayoritas laki-laki, akhirnya dia bisa membuktikan bahwa wanita juga bisa sukses dengan usahanya bahkan kesuksesannya melebihi pebisnis lainnya.

ALUR CERITA

Drama dengan latar 1990-an yang membuat neng Ai setia melotot di depan layar smartphone, demi menuruti rasa penasaran seperti apa akhir kisahnya. Plot yang disetting sesuai dunia bisnis yang kadang ada kisah flashback, membuat drama ini tidak monoton.

Konflik yang diciptakan di sini terkadang membuat neng Ai “gregetan”, mungkin emosi sama para teman pengusahanya kali ya karena seperti meremehkan kemampuan wanita. Apalagi waktu scene di luar negeri (Rusia) yang kumpul di meja makan. Saat Banxia coba mengingatkan agar tidak memberi semua uang modal pada orang yang ternyata menipu mereka, (rasanya pingin neng Ai kunci di kamar aja itu mereka para lelaki).

Konflik yang terlalu banyak, bahkan sering bermunculan membuat penonton emosi. Kadang sempat berpikir, “ini konflik drama banyak banget ya hampir semua episode berkonflik”. Selain itu mooie vechter, kalau kamu mau skip-skip ceritanya belum tentu bisa memahami alur detailnya seperti apa. Drama ini cukup membutuhkan kesabaran ya, tidak hanya episodenya tapi juga alur ceritanya yang menggemaskan.

Namun alurnya juga bervariasi, masih ada komedinya juga yang lumayan banyak jadi bisa memberi hiburan saat sudah gregetan dengan alur sebelumnya. Alur yang cukup nano-nano (campur) kadang bisa emosi, gemes, sesekali buat ketawa. Namun konsep seperti ini bisa membuat penonton tidak mudah jenuh juga.

karakter pemeran dalam drama wild bloom

Karakter Pemeran

Pemeran Wild Bloom cukup memiliki karakter dalam perannya masing-masing. Zhao Liying tidak pernah mengecewakan penontonnya, dia selalu memberikan akting yang totalitas. Sering lihat drama historical, action dan fantasinya, memang bagus dan menjiwai peran yang diberikan padanya. Neng Ai paling suka pas dia berperan di Princess Agents, keren banget. Tidak salah lagi kalau dia dijuluki “Ratu Rating Drama China”, terlihat dari karakter yang diperankan selalu menjiwai dan mengagumkan.

Meskipun kebanyakan dramanya genre fantasi, dia juga bermain di drama romance seperti Boss & Me dan Our Glamorous Time. Namun memang terlihat lebih keren berperan di drama fantasi kerajaan, apalagi kalau sudah peran wanita tangguh, udah fix cocok banget.

Selain itu sang support role, Sun Qian (sebagai Gao Xin Yi/Ye Mao) terlihat berbeda saat berperan dalam Wild Bloom. Pada drama lain seperti Way Back Into Love, Waiting You In The Future, Meteor Garden karakternya lebih feminim dan kalem. Saat memerankan drama ini sebagai Xin Yi/pacar Tong Xiaqi terlihat tangguh, tomboy, dan pandai membuat onar.

Scene yang Berkesan

Berbicara adegan yang paling berkesan, ada beberapa scene/adegan yang neng Ai ingat sampai sekarang.

  • Tong Xiaoqi rela masuk penjara untuk menolong Banxia yang bertengkar dengan pacarnya. Itu terjadi karena pacar Banxia meninggal akibat terpukul saat pertengkaran. Tong Xiaoqi yang tidak bersalah, memilih untuk masuk penjara menggantikan Banxia.
  • Perjuangan Banxia di Rusia sendirian, setelah hilang semua uangnya karena ditipu. Waktu itu rombongannya kembali ke Tiongkok, namun dia tetap bertahan karena tidak ingin pulang dengan tangan kosong. Keputusannya tetap tinggal di Rusia beberapa hari lagi, akhirnya membuahkan hasil.
  • Persahabatan rasa persaudaraan, dimana mereka bertiga tidak mau berbagi masalah individu karena tidak mau menyusahkan. Kekompakan dan saling membela antar sahabat membuat neng Ai jadi terharu mewek.
  • Saat tim tiger (mantan napi) teman Tong Xiaoqi membantu mencari uang tambahan dengan mengangkut pasir berhari-hari tanpa istirahat demi Banxia dan untuk biaya hidup mereka. Mereka juga rela tidak menerima upah selama mengangkut baja usaha Banxia.
  • Ketika Tong Xiaoqi dan Xiao Chen bekerjasama untuk menghancurkan tanah pesisir dengan oli, tanah yang mereka incar untuk dermaga baja namun sudah bernego lama dengan kepala desa tetap dipersulit. Akhirnya malam hari Tong Xiaoqi bersama tim tigernya (mantan napi) menumpahkan banyak oli ke daerah tersebut, supaya setuju menjual tanahnya.
  • Xiao Chen yang ternyata sakit kanker namun tidak ingin para sahabatnya tahu penyakit yang di deritanya. Waktu scene ini membuat gregetan, si Xiao Chen susah banget disuruh berobat. Sudah tahu sakit kanker, masih aja nggak mau berobat. Ditambah ketegaan dia yang tidak memberitahu sahabatnya.
      "Manusia tidak bisa hidup sendiri, karena kita terlahir sebagai makhluk sosial yang selalu saling membutuhkan."

Pelajaran Hidup yang Dipetik

  • Selama menonton drama ini, sangat banyak nilai kehidupan yang bisa mooie vechter pelajari terutama kegigihan dan tekad kuat Xu Banxia. Seorang gadis yang dari awal tidak punya apa-apa dan hidup sendiri, akhirnya membuktikan keberhasilannya.
  • Rasa tidak mudah putus asanya sangat menakjubkan, meskipun ditolak berkali-kali masih tetap mencoba lagi.
  • Rasa persaudaraan/persahabatan dan saling tolong menolong sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan ini. Manusia pasti saling membutuhkan baik untuk berbagi masalah, kebahagiaan, kesedihan, dsb.
  • Permasalahan dalam kehidupan pasti ada termasuk konflik dengan tim, sahabat, partner, dll. Namun harus tetap dibicarakan/diselesaikan bersama-sama untuk mendapatkan solusi yang tidak merugikan satu sama lain.
  • Ketidak takutan Xu Banxia terhadap kegagalan, patut untuk dicontoh dalam kehidupan ini. Terkadang mencoba sesuatu itu tidak langsung berhasil, butuh beberapa kali percobaan untuk memperoleh hasil.
      "Usaha keras tidak akan pernah menghianati hasil"

Kira-kira akhir drama ini happy atau sad ending ya? Karena episode hampir akhir, sahabat Banxia yaitu Xiao Chen sudah sakit kanker parah dan tidak bisa tertolong. Neng Ai tidak bisa spoiler panjang-panjang karena ada 36 episode, bisa-bisa jarinya keriting. Kalau masih penasaran dengan drama China inspiratif ini, Wild Bloom ini sudah bisa ditonton pada aplikasi iQiyi, WeTV, Youtube, Drakor ID. Selamat menyaksikan!


2 comments

Thank you atas kunjungannya. Silakan jika ingin menulis komentar dan ide-ide tulisan berikutnya.
Pastikan rutin berkunjung ya, serutin merawat kulit kita...
  1. Hidup cewek anti menye-menye. Saya suka film atau buku yang ceritanya tentang perempuan kuat gini. Untuk tontonan sejauh ini saya condong ke Korea daripada China. Padahal sama-sama bagusnya ya kak hehe. Kalau saya nggak move on nya dari tontonan China cuma Sun Go Kong hiks. Nice review kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang yang juara drakor kak. Kalau drachin kebanyakan genre romance, jarang banget genre yang beginian.hehe

      Delete
Gandjel Rel